Manfaat dari Mengkonsumsi Kapulaga dan Dampak Buruk Kapulaga


Indonesia Tradisional - carasional - Manfaat kapulaga dan dampak buruknya
Sehat Tradisional

SEHAT TRADISIONAL
Sedikit mengingatkan lagi, kapulaga ada beberapa macam yaitu Kapulaga Sabrang dan Kapulaga Lokal. Nama ilmiah kapulaga adalah Amomum Compactum dan di beberarapa tempat namanya adalah karkolaka, palago, kapol, dll.

Inilah Beberapa Manfaat dari Kapulaga :
1. Sirkulasi Darah
Kapulaga mengandung serat dan kalium yang seimbang sekitar 28.0 gram serat atau 112%  DV kalsium dan 383 mg atau 38 % DV untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dan juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah.
2. Mencegah Osteoporosis
 Kapulaga juga mengandung mangan, vitamin D, vitamin C, dan kalsium yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada tulang atau Osteoporosis.
3. Kesehatan Ginjal
 Penelitian juga menemukan kegunaan lain kapulaga sebagai diuretik yang melindungi ginjal dari berbagai penyakit terutama mencegah penyakit nefritis, sistitis, dan lain-lainnya.
4. Mengobati Flu, Batuk, Bronkitis, dan Asma
Dapat mengobati flu, batuk, bronkitis, dan asma karena kapulaga memberi efek menenangkang pernapasan, hangat, dapat mengencerkan lendir pada hidung dan tenggorokan.
5. Kesehatan Kulit dan Rambut
Kandungan vitamin, minyak essensial, dan antioksidan dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C nya dapat membantu merawat kulit dan nutrisi juga berguna untuk mengahmbat keriputan.
6.  Gatal di Tenggorokan
Kapulaga mengandung spasmodik yang berguna mencegah kejang, selain itu dapat mengobati gatal-gatal pada tenggorokan dengan dicampur madu asli.
7. Pencernaan dan Perut
Kandungan serat nya dapat mencegah sembelit dan kandungan minyak atsiri dapat mencegah gas di dalam perut.
8. Mengobati Gastritis
Gastritis ialah kelainan pada perut dengan ditandai mulas dan kram pada perut, kalpulaga dapat memberikan efek dingin untuk meredakan rasa sakit saja.
9. Mencegah Kanker
Kandungan IC3 (Indole-3-Carbinol) dan DIM (Diindolylmethane) dan Phytochemical yang dapat membantu mencegah kanker.
10. Bau Mulut
Seperti yang sebelum nya, kapulaga banyak diproduksi di India, sehingga di India juga menggunakan kalpulaga terlebih untuk menghilangkan bau mulut (Halitosis) bahkan sudah diproduksi dalam bentuk permen karet.
11. Jerawat dan Bintik-bintik Hitam (Flek pada Hidung)
12. Campuran Jamu Penghilang Rasa Capek/ Lelah

Setelah kita membahas kelebihan nya, sekarang kita bahas dapat buruk nya.
Berikut Dampak Buruk dari Konsumsi Kapulaga :
1. Pada penggunaan beberapa obat-obat yang digunakan secara bersamaan dengan kapulaga dapat menimbulkan efek negatif dari obat -obatan yang dikomsumsi. Jika ingin menggunakan kapulaga lebih baik berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan nya.
2. Penggunaan dalam jangka panjang juga tidak bagus, karena dapat menimbulkan reaksi alergi dan juga gatal-gatal bagi mereka yang sensitif.
3. Konsumsi kapulaga yang berlebih dapat menyebabkan batu empedu karena sistem pencernaan kita gagal untuk menyerap kapulaga.

0 Response to "Manfaat dari Mengkonsumsi Kapulaga dan Dampak Buruk Kapulaga"

Post a Comment

Gunakan Komentar dengan Bijak !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel