Penjelasan Singkat Tentang Sirih dan Manfaat Serta Cara Menggunakan nya


SEHAT TRADISIONAL
Daun sirih, siapa sih yang gak tau daun sirih itu apa. Sirih adalah tanaman asli Indonesia, bentuk daun nya seperti love, merambat (bisa di pohon, tiang, bahkan tembok), batang nya coklat kehijauan tinggi nya bisa mencapai 15 meter, dan aroma nya berbeda (khas).
Indonesia Tradisional - Klasifikasi Ilmiah Daun Sirih
Wikipedia
 Dan di beberapa daerah di Indonesia  memiliki nama yang berbeda-beda pada SIRIH, seperti :
- Aceh - Ranub
- Bali - Base
- Bima - Nahi
- Bugis - Gapura
- Dayak - Uwit
- Flores - Mota
- Karo - Belo
- Lampung - Cambai
- Jawa - Suruh/Sedah
- Sentani - Afo
- Sunda - Seureuh
- Simalungun/Toba - Demban

Sirih sejak jaman dulu sudah digunakan sebagai obat-obat, sirih juga sering kali digunakan sebagai media spritual maupun setiap upacara adat di beberapa daerah di Indonesia, dan sirih juga dijadikan sebagai cemilan (gak ditelan) seperti orang Batak yang selalu mengunyah demban yang berguna untuk menguatkan gigi/gusi mereka.
Sirih bersifat antiseptik sehingga bisa digunakan untuk mengobati diabetes, darah tinggi, dan dalam bentuk herbal dapat menyembuhkan asam urat, maag, kencing manis, kelelahan, untuk penggunaan luar dapat menghaluskan kulit, dll.
Uji coba pada tikus dengan pemberian ekstrak dosis 20 g/kg berat badan, masih aman dikonsumsi dan tidak berssifat toksik, pada dosis tersebut mampu menurunkan kadar glukosa darah pada tikus sebesar 34%. Penurunan nya lebih tinggi daripada obat anti diabetes militus komersial Daonil 3,22 ml/kg yang hanya menurunkan 27% glukosa darah tikus. Hasil uji coba ini dapat digunakan pada penderita kencing manis.
Tanaman memproduksi berbagai macam bahan kimia untuk tujuan tertentu yang disebut Metabolit Sekunder. Contoh metabolit sekunder yang di produksi tanaman adalah Alkaloid, Terpenoid, Isoprenoid, Flavonoid, Cyanogenic, Glucoside, Glucosinole, dan non Protein Amino Acid. Sirih banyak jenis nya yaitu sirih gading, sirih kuning, sirih hitam, sirih merah, dan sirih hijau.
Inilah Manfaat dan Cara Menggunakan Sirih sebagai Obat Alternatif :
1. Sakit Gigi
Masak daun sirih dengan segelas air hingga mendidih, tunggu hingga dingin lalu berkumur dengan air sirih tadi lakukan hingga sembuh.
Cara kedua, dua lembar daun sirih diremas-remas lalu letakkan di dalam gelas tuangkan garam secukupnya dan seduh dengan air panas. Aduk-aduk hingga larut dan dinginkan lalu berkumur lah dengan air tersebut.
2. Bronkitis
Sediakan 7 lembar  (haluskan terlebih dahulu) dan sepotong gula batu lalu rebus dengan takaran air dua gelas hingga mendidih.Saringlah dan diamkan hingga, minum tiga kali sehari (sekali minum dianjurkan hanya sebanyak tiga sendok makan saja).
3. Sifilis
Sediakan 30-35 lembar daun sirih, garam dapur seperlunya, dan gula aren 1 1/4 kg. Masak semua bahan dengan dua liter air. Minum tiga kali dalam sehari.
4. Asam Urat
Didihkan delapan lembar daun sirih muda dengan 500ml air hingga tersisa tiga gelas. Minum secara rutin 75ml air hangat dalam tiga kali sehari.
5. Diare
Daun sirih lima lembar, sesendok minyak kelapa, biji lada enam buah. Hancurkan semua bahan hingga halus lalu buat masker di perut dengan tumbukan tadi.
6. Alergi
Enam lembar daun sirih, sepotong jahe kuning, dan setengah sendok minyak kayu putih. Tumbuk semua bahan tadi lalu oleskan pada bagian alergi/gatal.
7. Sakit Jantung
Tiga lembar daun sirih, tujuh biji kemukus, tiga siung bawang merah, dan jinten putih sesendok. Hancurkan semua bahan hingga halus lalu campur dengan lima sendok air panas. Minumlah dua kali sehari jangan lupa disaring dulu.
8. Mimisan (Hidung yang Mengeluarkan Darah)
Cucilah selembar daun sirih lalu gulung sesuai besar hidung anda dnan tempel pada bagian yang mimisan jangan lupa sesajajarkan kepala dengan badan (tidur) agar memperlambat darah keluar.
9. Radang Tenggorokan
Daun sirih mengandung Styptic  untuk meredakaan pendarahn dan kandungan lain seperti vulnerary dan minyak atsiri untuk memulihkan luka dan menghidari infeksi pada tenggorokan.
10. Obat Mata
Cara ini cukup simpel, anda bersihkan tiga helai daun sirih lalu remas-remas dan masukkan dalam wadah berisi air, diamkan lima menit lalu buang daun sirih dan masukkan mata anda kedalam.


BONUS, ini ada tambahan manfaat sirih yang sangat penting, simak lagi yah teman-teman.
Manfaat Sirih untuk Kecantikan :
1. Menghaluskan Kulit
Cuci lima lembar daun sirih dengan air hangat lalu remas-remas daun sirih hingga membentuk seperti adonan atau lebih seperti masker. Gunakan lah sirih tersebut sebagai masker untuk kulit anda seminnggu sekali yah.
2.Menghambat Penuaan Dini
Rebuslah 6 lembar daun sirih merah, 10 biji kurma, 100 gram kacang hijau, dan 40 gram ginseng talium dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah matang masukkan kedalam wadah dan campur dengan dua sendok makan jeruk dan madu aduk rata. Minumlah rebusan ini dua kali sehari dalam semingu (maksud nya dalam seminggu tentukan hari nya dan minum rebusan nya dua kalia sehari, dan tunggu minggu depan untuk diminum lagi).
3. Menghilangkan Jerawat
Masak 10helai dengan 250ml air hingga airnya berubah menjadi kecokelatan, nah rebusan tersebut pakai untuk mengompres wajah setiap hari secara teratur.
4. Luka Bakar
Ambillah daun sirih yang masih segar lalu diperas-peras hingga airnya cukup banyk dan tambahkan sedikit madu lalu bubuhkan ke daerah yang terkena bakar. Cara lainnya bisa mengganti daun sirih dengar sosor  bebek lumatkan dan tempel dibagian  yang terbakar.
5. Sebagai Parfum Ketiak
Hehe cara ini paling tepat untuk teman-teman yang masih ABG, biasanya kalian pasti merasakan ketiak basah dan menimbulkan bauk yang tak sedap yang bisa mengurangkan tingkat KePeDean anda. Pakai saja daun sirih dengan pengalaman saya dengan cara dua lembar daun sirih yang tidak muda dan tidak tua lalu lap daun nya dan remas-remas  (putar-putar) ditangan anda hingga daunnya hancur dan sudah ada airnya, nah oleskan airnya pada ketiak dan daun yang sudah hancur tadi letakkan di ketiak dan tutup rapat ketiak anda selama lima menit lalu buang daun nya jangan dibersihkan bekas airnya tadi, itu lah nanti sebgai parfum teman-teman dan hanya dalam pemakaian sebulan saja bauk ketiak saya sudah hilang.

Manfaat Sirih Khusus untuk Para Wanita :
1. Gangguan Haid
Pada kasus ini teman-teman bisa mengomsumsi jamu-jamuan untuk menormalkan, dan saya ada tips untuk cara selain minum jamu yaitu masak lima lembar daun sirih hingga mendidih dan diamkan hingga hangat lalu minum deh.
2. Mengurangi Jumlah ASI yang BerlebihanOleskan minyak kelapa pada daun sirih lalu panaskan dengan api, tempel diseputar dada ketika masih hangat
3. Sebagai Obat Payudara Bengkak
Bakar beberapa helai daun sirih hingga layu lalu diamkan beberapa saat hingga hangat tempel di bagian yang bengkak.
4. Jika Kemaluan Anda Terasa Gatal
Masaklah dua helai daun sirih dan sedikit asam kawak hingga mendidih lalu dinginkan. Setiapp kali anda selesai buang air kecil, basuhlah dengan air rebusan tadi.
5. Jika Kemaluan Berbau Tidak Sedap
Sama dengan caara no 4.

Tambahan lagi, selain manfaat diatas sewaktu kecil saya menggunakan bagian kecil dari sirih sebagai peluit. Lihat gambar dibawah.



Sekian artikel ini ssaya Update, tadinya mau buat artikel baru tapi biar pembaca tidak capek buat klik-klik link nya jadi saya satukan saja disini.
Note: Sebelum menggunakan cara diatas, harap teman-teman cuci dulu daun sirih nya hingga bersih baru deh bisa digunakan.

1 Response to "Penjelasan Singkat Tentang Sirih dan Manfaat Serta Cara Menggunakan nya"

Gunakan Komentar dengan Bijak !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel