Resep Membuat Bika Ambon Khas Medan

Sehat Tradisional

SEHAT TRADISIONAL
Bika ambon adalah oleh-oleh khas dari medan, yang tekstur nya lembut dan enak. Sedikit kita akan bahas kisah darimana Bika Ambon itu .

Berikut cerita-cerita tentang pemberian nama Bika Ambon :
Nama Bika Ambon memang unik. Meski ada kata Ambon pada namanya, namun bukan berarti kue Bika Ambon berasal dari ibukota Provinsi Maluku tersebut. Kehadiran Bika Ambon yang berbeda nama dan lokasi asal menuai banyak kontroversi. Bika Ambon yang memang sangat nikmat ini kemudian menjadi sangat populer di Medan dan menjadi fenomenal hingga banyak cerita tentang asal muasal Bika Ambon.

Beberapa Cerita Tentang Asal Mula Bika Ambon
Cerita yang pertama mengatakan, Bika Ambon dinamai demikian karena tempat pertama kali dijual dan popularnya Bika Ambon adalah di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan. Kemudian sumber lain mengatakan, nama Bika Ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika. Setelah tahu rasanya enak, orang tersebut tidak kembali ke Ambon lagi, tetapi singgah di Medan. Sehingga sejak empat puluh tahun lalu Bika Ambon jadi sangat terkenal di Medan.

Cerita selanjutnya, dikatakan bahwa semasa zaman Belanda ketika masih ada di Tanah Deli, seorang Tionghoa melakukan eksperimen dengan sebuah kue. Ia melakukannya di rumahnya, tidak jauh dari kawasan Jalan Majapahit, Medan. Setelah matang, kue tersebut lalu dicobakan pada pembantunya, seorang pria asal Ambon. Pria tersebut sangat menyukai kue itu, hingga memakannya dengan lahap. Itulah menurut cerita ini mengapa dinamakan Bika Ambon.
Cerita yang lainnya menganalisa sejarah penamaan Bika Ambon berdasarkan bahasa. Menurutnya, Ambon bukanlah istilah yang menyatakan nama jalan tempat Bika Ambon ini populer, asal orang yang membawa Bika Ambon ini, atau akronim nama daerah asal Bika Ambon, tetapi istilah tersebut dalam bahasa Medan berarti lembut.
Sumber : ceritamedan.com

Langkah pembuatan bika ambon :
Bahan :
- Minyak goreng secukupnya
- Air putih 50 ml
- Daun jeruk 2 lembar
- Daun pandan 2 lembar (direbus terlebih dahulu)
- Tepung terigu halus 50gram
- Ragi siap jadi 1/2 sendok teh
- Tepung sagu 100 gram (ayak terlebih dahulu)
- Gula pasir 200 gram
- Santan kelapa kental 200ml
- Kuning telur 10 butir

Cara pembuatan :
- Siapkan wadah membuat adonan, lalu masukkan tepung terigu dan ragi instan tadi, tuangkan air aduk-aduk hingga merata dan diamkan selama 15 menit agar mengembang.
- Campur gula pasir dan telur kedalam adonan lalu aduk-aduk hingga merata dan mengental
- Masukkan tepung sagu dan santan kelapa secara perlahan-lahan sambil diaduk juga, aduk hingga merata
-Masukkan daun pandan dan daun jeruk kedalam adonan, aduk hingga merata, lalu tutup bagian atas adonan dengan bahhan halus selama 2 jam agar adonan mengembang seperti berbentuk sarang tawon
- Siapkan loyan yang sudah diolesi minyak, kemudian panggang adonan tadi sampai kuning kecokelatan, lalu angkat
- Potong-potong bika ambon sesuai selera teman-teman, taaarraaaa!! Sudah jadi

Kurang lebih seperti itu, jika ada kesalahan mohon komentar untuk direvisi ulang.

0 Response to "Resep Membuat Bika Ambon Khas Medan"

Post a Comment

Gunakan Komentar dengan Bijak !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel