Apa Itu Penyakit Kencing Manis? Apa Aja dan Bagaimana Cara Tradisional Menyembuhkan Kencing Manis

SEHAT TRADISIONAL


Indonesia Tradisional - carasional - simbol diabetes melitus
Wikipedia

Apa Itu Penyakit Kencing Manis?

Kencing Manis atau yang dikenal dengan bahasa latin nya Diabetes Melitus yang bahasa Yunani nya διαβαίνειν (Diabainein) dalam arti tembus atau pancuran air. Pengertian kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh kurang nya Insulin ataupun ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan Insulin (Insulin Resistance) , dengan Simtoma berupa Hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat.
Disamping adalah simbol Diabetes Melitus.








Jalur Singkat Terjadi nya Kencing Manis, kadar glukosa yang ada pada darah itu dikendalikan oleh hormon > hormon yaitu zat kimia di dalam tubuh yang mengirimkan tanda pada sel satu ke sel lain nya. Saat kita makan, pankreas menghasilkan insulin untuk mengirimkan pesan ke sel-sel lain yang ada di tubuh. Insulin memerintahkan sel-sel untuk mengambil glukosa dari darah. Glukosa itulah yang digunakan untuk pembuatan energi oleh sel-sel. Naah saat ada glukosa yang berlebih akan disimppan dalam sel-sel sebagai Glikogen. Saat kadar gula darah rendah, maka sel-sel akan memcah glikogen menjadi glukosa untuk menciptakan energi yang baru. Sehingga jika dalam kadar gula yang stabil atau bahkan sampai melebihi batas normal ditambah glikogen yang berlebih juga itu lah awal dari kencing manis.
Sehat Tradisional
Ciri-ciri Umum, Golongan dan Gejala Diabetes, biasanya mereka yang terkena diabetes berat badan akan turun, Polyuria (sering berkemih), Polyphagia (sering haus), dan Polyphagia (sering lapar).
Golongan Diabetes;
Diabetes pertama disebut Diabetis Awal Remaja dikenal sebagai diabetis bersandar insulin (Insulin Dependent Diabetes Melitus) yang bercirikan kegagalan penghasilan insulin oleh kalenjar pankreas. Biasanya ini terjangkit pada masa kanak-kanak maupun remaja dan mereka memerlukan suntikan insulin.
Diabetes kedua disebabkan oleh Kerintangan Insulin (penghasil insuli yang berkurang).
Diabetes Gestasi adalah diabetes yang dialami oleh ibu hamil, karena ketika hamil insulin digunakan oleh bayi dan saat tubuh si ibu tidak mampu menghasilkan insulan maka ibu akan mengalami pengurangan gula dalam darah yang tinggi.
Gejala Diabetes;  pandangan kabur, fatigue, sakit kepala, gatal-gatal, lambat dalam menyembuhkan luka, dan perubahan bentuk dan ketajaman lensa mata.
Intinya Diabetes itu amat sangat bagi kita, jadi jagalah kesehatan teman-teman. Lanjut..!!

Apa Aja dan Bagaimana Cara Tradisional Menyembuhkan Kencing Manis?
1. Mahkota Dewa
Mahkota dewa ini katanya pahit (abis belum pernah mimin makan) tetapi buah ini bisa digunakan untuk menyembuhkan diabetes dengan cara rebus buah mahkota dewa lalu air rebusan nya diminum.
2. Kayu Manis
Biasanya sih digunakan buat bumbu tambahan pada masakan, tetapi bisa juga sebagai obat penyembuh diabetes. Cara nya? sama aja kayu manis nya dimasukkan kedalam masakan teman-teman :v hehehe.
3. Kemangi
Kalau yang satu ini teman-teman hanya melalap nya saja, karena mengandung zat untuk mempermudah kerja insulin untuk konversi glukosa menjadi energi sehingga glukosa dalam darah menjadi normal.
4. Manggis
Manggis mampu menyembuhkan diabetes karena mengandung senyawa xanthones yang dapat memperlambat terjadi alpha-glukosidase yaitu proses zat kabohidrat berubah menjadi glukosa sehingga kadar gula dalam darah akan menurun.
5.  Tanaman Keladi Tikus
Keladi tikus atau bahasa jawa nya talas kunting mengandung Ribozome Inactivating Protein yaitu zat yang bisa meregenerasi sel-sel dalam tubuh sehingga dapat mengubah glukosa menjadi normal.
6. Mengkudu
Mengkudu dapat di temukan dima saja, mengkudu mengandung zat Proxeronin yang dapat mempelebar pori-pori sel tubuh sehingga fungsi sel-sel tubuh membuat glukosa menjadi normal.
7. Daun Sirsak
Daun sirsak mengandung vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, dan serat dalam jumlah banyak sehingga dapat memperbaiki kinerja pankreas dan sel-sel di dalam tubuh. Cara nya rebus daun sirsal lalu air rebusan nya diminum, dan cara lain nya jemur daun sirsak setelah itu digiling menjadi serbuk itulah yang dicampur dengan air hangat.
Oh iya sekedar berbagi info, daun sirsak juga bisa untuk menyembuhkan benjolan yang ada dibawah lutut. Kurang tau sih apa penyebab nya dan apa nama penyakit nya, dulu adik mimin pernah ada benjolan di kaki nya, lalu sebulan minum ramuan sirsak ini benjolan nya hilang. Caranya: cucilah 5 daun sirsak lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, nah ramuannya diminum pagi dan malam, besok harinya buat hal yang sama hingga benjolan nya kempes.
8. Brotowali
Baru inii sih mimin dengar nama brotowali, tapi katanya manjur bisa dicoba juga ya teman-teman. Rebus batang brotowali lalu air rebuusan nya diminum agar tidak terlalu pahit dicampur madu.
9. Daun Sambiloto
Sama dengan Brotowali,, sambilito juga pahit tapi ampuh juga menyembuhkan diabetes karena ada flavonoid untuk mempermudah pankreas menghasilkan hormon insulin. Cara menggunakan nya sama seperti brotowali.
10. Ginseng
Pada ginseng terdapat zat yang bisa membuat kadar gula darah stabil dan zat insulin meningkat. Selain itu ginseng meningkatkan vitalitas dan stamina.
11. Sayur Buncis
Sayur buncis mempermudah proses pembuatan insulin yang mampu mengontrol kadar gula dar karena di dalam buncis mengandung zat B-sitosterol. Cara nya rebus 1/2 kg sayur buncis dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih, lalu dinginkan dan minum 1 gelas waktu pagi dan 1 gelas waktu malam hari sampai kadar gula normal.
12. Kumis Kucing
Kumis kucing mengandung senyawa Myoinotisol, minyak atsiri, dan Saponin yang mampu mengaktifkan sel beta pankreas sehingga kinerja pankres dapat memproduksi insulin dan normal. Dan kandungan lain nya adalah Sapofonin, kalium, dan Sinensetin yang berperan sebagai anti-inflamasi untuk menyembuhkan luka dan peradangan. Caranya  rebus 15 helai daun kumis kucng dengan air 2 gelas sampai mendidih dan tunggu air rebusan menjadi hangat lalu diminum.
13. Tapak Dara
Daun ini mengandung 70 jenus alkoid berguna untuk mengurangi kadar gula berlebih.

Tambahan..!!
Selain menggunakan tanaman diatas, teman-teman boleh mencoba dengan mengkonsumsi tupai.
Kalian pasti heran, kok bisa? Ini salah satu tips ampuh juga yang mmin dapat.
Caranya : seekor tupai potong menjadi 4 bagian lalu rendam ke dalam air asam gulungan (asam jawa) selama 1 jam lalu digoreng tanpa diberi garam lalu dimakan. Lakukan cara ini sampai sebulan atau sampai keadaan normal lagi.

Sekian lah penjelasan tentang Apa Itu Penyakit Kencing Manis? Apa Aja dan Bagaimana Cara Tradisional Menyembuhkan Kencing Manis, cara diatas adalah alami jadi tidak usah ragu walaupun bukan penderita diabetes teman-teman bisa mengkonsumsi nya juga, ya sekedar memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Semoga kita sehat selalu.

1 Response to "Apa Itu Penyakit Kencing Manis? Apa Aja dan Bagaimana Cara Tradisional Menyembuhkan Kencing Manis"

Gunakan Komentar dengan Bijak !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel